Tips Download Aplikasi Google Meet Untuk Laptop Dan Penggunaannya

Bagaimana cara download aplikasi google meet untuk laptop? Saat ini kita telah melewati pandemi covid-19 yang melanda dunia. Selama pandemi yang terjadi beberapa tahun terakhir, banyak yang menerapkan physical distancing system. Hal tersebut, tentu membuat kita sulit melakukan rutinitas kita sehari-hari, mulai dari rutinitas kerja, sekolah, liburan, bahkan bertemu dengan keluarga pun menjadi sulit. Namun, dengan keterbatasan tersebut, kita masih bisa melakukan rutinitas kita meskipun terbatas, yaitu dengan memanfaatkan sarana yang ada seperti aplikasi Google Meet, Zoom, atau lainnya. Aplikasi tersebut dapat menjadi solusi bagi kita selama pandemi.

Google Meet merupakan salah satu aplikasi yang telah dikembangkan oleh google, dimana kita bisa melakukan konferensi percakapan video secara online. Dengan aplikasi tersebut, kita dapat melakukan rutinitas kita seperti meeting, belajar online, ngobrol dengan keluarga, atau rutinitas lain yang tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Tentu kita setuju bukan jika aplikasi ini sangat membantu kita selama pandemi. Meskipun pandemi telah selesai, tetapi aplikasi ini masih banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Aplikasi google meet ini cukup mudah diakses untuk pengguna smartphone Android. Tetapi, bagaimana dengan pengguna laptop? Tenang saja, karena kita akan membahas mengenai cara download dan penggunaan aplikasi google meet untuk laptop. Yuk simak!

Baca Juga :  7 Cara Menghemat Biaya Implementasi ERP dan Mengurangi Risiko

Cara Download Aplikasi Google Meet Untuk Laptop

Oke, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mendownload aplikasi tersebut. Anda dapat menggunakan aplikasi pencarian atau browser pada laptop anda, baik itu mozilla firefox atau google chrome, anda bebas memiliki browser yang biasa anda gunakan. Berikut cara mendownload aplikasi google meet melalui situs resminya:

  1. Yang pertama harus anda lakukan adalah bukalah browser google chrome atau mozilla firefox pada laptop anda
  2. Kedua, anda bisa lakukan pencarian “google meet” dan klik hasilnya atau anda bisa langsung membuka websitenya yaitu http://meet.google.com/
  3. Kemudian ketiga, pada bagian kanan atas pada browser laptop anda, klik logo “install”
  4. Setelah itu, aplikasi google meet akan muncul dan anda hanya perlu login menggunakan akun google anda
  5. Selanjutnya anda bisa menggunakan aplikasi tersebut

Dengan penjelasan berikut, tentu anda sudah mengerti bagaimana cara download atau install aplikasi google meet. Namun bagaimana dengan penggunaannya? Yuk kita simak lagi!

Cara Menggunakan Google Meet

Setelah anda melakukan instalasi google meet di laptop anda, kini anda tentu dapat menggunakannya. Caranya sangat mudah:

Baca Juga :  Cara Transfer Pulsa dengan Mudah Tanpa Ribet Versi Terbaru

1. New video conference

New video conference ini adalah untuk melakukan video konferensi yang baru. Setelah anda membuka aplikasi google meet, Anda hanya perlu pilih “new meeting” pada aplikasi untuk memasuki rapat online. Setelah itu anda bisa mengundang pengguna lain dengan cara share link. Caranya adalah pilih menu salin pada info akses. Atau anda juga bisa mengklik “tambahkan orang” untuk menambahkan peserta lain pada meeting online anda.

2. Bergabung ke video conference

Anda juga bisa bergabung ke video conference yang disediakan oleh orang lain, dengan cara memasukan kode meeting atau tautan untuk masuk dan bergabung pada vios conference yang telah ada, setelah itu anda bisa klik “join”. Jika anda ingin mengatur mikrofon dan kamera, anda bisa klik tombol setting/pengaturan di bawah layar.

Itulah beberapa cara download aplikasi google meet untuk laptop. Cukup mudah kan? Dengan google meet ini anda sekarang bisa mengobrol dengan kerabat, rekan kerja, atau siapapun tanpa harus tatap muka.